Road to Study Abroad (1): Inauguration of Prof. Mohammad Amin, Ph.D as a President of Tazkia International Partnership

Salah satu indikator sekolah bertaraf international adalah lulusannya bisa melanjutkan studinya ke luar negeri. Oleh karena itu dalam menyiapkan lulusannya untuk bisa bersaing di kancah international, Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) membentuk Tazkia International Patnership yang akan dikawal langsung oleh Prof. Dr. Mohamad Amin selaku Presiden dan salah satu World Class Professor (WCP) di Indonesia versi Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).


   

Dalam agenda pengukuhannya sebagai President of Tazkia International Patnership pada Senin (04/03) yang juga dihadiri oleh seluruh jajaran direksi Tazkia, Profesor yang mendapatkan gelar doktoralnya di Martin Luther University Halle-Wittenberg Jerman tersebut sangat antusias dan optimis bisa mengantarkan santri Tazkia khususnya santri SMA untuk bisa melanjutkan studinya ke luar negeri.

“Walaupun bukan hal yang mudah dilakukan bahkan masih jarang dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia khususnya pesantren, saya yakin dengan seizin Allah SWT Tazkia akan menjadi pioner dan  pesantren percontohan pertama yang menginisiasi mengantarkan lulusannya studi ke luar negeri, tentunya hal itu dengan berbagi usaha yang diupayakan," ungkap Prof Amin dalam sambutannya.

   

Dalam prosesnya, upaya yang dilakukan oleh tim Tazkia International Patnership adalah menjalin nota kesepahaman dengan beberapa universitas luar negeri yang akan ditangani oleh tiga Deputy President berdasarkan regional kampusnya; Deputy President Eropa & USA, Middle East dan Asia. Selanjutnya setelah para santri mendapatkan sosialisasi dan melalui tes pemetaan minat bakat, santri SMA tersebut akan diminta tandatangan kontrak untuk mendapatkan pembinaan dalam persiapan pendaftaran ke universitas tujuan masing-masing.

   

Selain itu, banyak lembaga konsultan pendidikan luar negeri yang siap bekerjasama dengan Tazkia International Patnership bahkan sudah hadir dan menjalin nota kesepahaman dengan Tazkia seperti SEAMEO, IDP Indonesia, Excellent Education, Edlink Connex, ITC-Centre, Edu-Change dan Mumtaza.

“Semua yang kita rumuskan merupakan salah satu ikhtiar kami dalam memberikan yang terbaik untuk santri SMA Tazkia. Kami akan terus melakukan pendampingan hingga ananda nantinya lulus dan bisa masuk di universitas yang sesuai harapannya dengan seizin Allah tentunya," ungkap Ustadz Eko Nurhaji Purnomo, M. Pd, selaku Direktur Akademik Tazkia IIBS yang juga hadir dalam pertemuan tersebut. (ed)

Share this post