Campus Tour

Saat ini Tazkia IIBS memiliki dua kampus utama. Kampus 1 diperuntukan khusus untuk santri putri dan kampus 2 diperuntukan untuk santri putra. Kampus 1 menempati lahan seluas sekitar 13.000 M2 dan kampus 2 sekitar 15.000 M2. Kedua kampus ini dilengkapi dengan fasilitas bangunan baru yang modern dan didisain khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih maksimal dan berkesan (rewarding learning experiences).


Teaching Spaces

Untuk kampus putri, fasilitas ruang kelas, perpustakaan dan perkantoran terletak dalam satu Andalusia sedangkan untuk kampus putra terpusat di gedung Al-Azhar. Dua gedung ini di desain secara khusus untuk memberikan kenyamanan dan efektifitas kegiatan bagi siswa, guru dan staff.

  

Setiap ruang kelas didesain secara khusus dalam bentuk fakultas (faculty) yang meliputi Math and Science Faculty, Social and Language Faculty dan Islamic Study Faculty. Setiap ruang kelas dilengkapai dengan fasilitas belajar-mengajar yang di desain unik dan movable menyesuaikan karakter masing-masing mata pelajaran dilengkapai dengan Audio-Visual Devices: Glass Board, LCD Projector dan Sound system.

 


Student Residences

Untuk kampus putri, Tazkia menyediakan tiga gedung utama sebagai asrama: Gedung Alexandria, Cambridge dan Sevilla. Untuk kampus putra berada di gedung Laiden.

 

 


Gedung asrama ini dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang yang lengkap dan memadai: tempat tidur, lemari pakaian, kamar mandi, lobby dan laundry. Untuk memberikan kenyamanan, setiap ruang asrama dihuni maksimal 8-10 santri dengan didampingi seorang murabbi atau murabbiyah.

 

Smart Library

Dengan konsep smart library, santri dapat mengakses berbagai sumber bacaan baik cetak maupun elektronik dengan cepat dan lengkap. Smart library berlangganan beberapa portal database buku elektronik dan dilengkapi dengan komputer dan smart TV sebagai media jelajah santri. Disamping itu, smart library juga menyediakan reading dan discussion space sebagai tempat membaca, konsultasi dan diskusi.

 

Mosque


Saat ini pusat ibadah santri putri berada di Tazkia Islamic Conference Hall (TICH). Sedangkan untuk santri putra berada di Masjid Al-Azhar yang didesain secara khusus sebagai pusat ibadah dengan kapasitas jamaah sekitar 300 santri.

 

Tazkia Medical Center


Sebagai pusat layanan kesehatan, Tazkia menyediakan fasilitas khusus konsultasi dan perawatan kesehatan untuk santri dan seluruh staf. TMC dilengkapi fasilitas perawatan dan obat-obatan generik terstandar. Tempat istirahat santri sakit juga didesain khusus untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan perawatan.
Layanan kesehatan buka setiap hari 24 jam dan dalam kondisi khusus (emergency) TCM telah bekerjasama dengan rumah sakit Muhammadiyah Malang sebagai tempat rujukan.    

Sport


Untuk menjaga kesehatan fisik dan mengembangan bakat motorik santri, Kampus putri dan putra menyediakan fasilitas olah raga basket, area memanah dan berkuda. Santri juga diberikan akses khusus untuk bersepeda santai di sekitar kampus. 

 

 

Pendopo and Gazebo


Untuk mengembangkan nilai estetika, jiwa seni dan kreativitas santri, Tazkia menyediakan ruang pendopo sebagai pusat seni dan desain (arts & design center). Sedangkan untuk belajar kelompok, diskusi dan bersosialisasi dengan teman sejawat dan keluarga disediakan beberapa gazebo unik disekitar kampus.

 

Observation Deck (OD)


Observation Deck berapa di lantai 5 gedung Alexandria (kampus putri) dan di lantai 5 gedung Al-Azhar (kampus putra) yang merupakan puncak gedung tertinggi di komplek kampus. OD dilengkapi dengan astronomy equipment yang memungkinkan santri melakukan pengamatan benda-benda di langit dan menjelajah kota Batu, Malang dan pemandangan pegunungan Arjuna.


Reading Spaces


Reading Space berada di lantai atas (rooftop) gedung Cambridge (kampus putri) dan gedung Laiden (kampus putra). Disini santri diberikan ruang khusus untuk membaca dengan tenang dan nyaman dengan pemandangan kota Malang dan seluruh komplek kampus.


Quranic Garden


Qur’anic Garden adalah taman belajar dan bermain terbuka (oudoor) di komplek kampus putri. Di taman ini santri dapat menikmati dan mengamati berbagai jenis tamanan bunga dan kolam ikan dengan diiringi lantunan murattal al-qur’an.


Food Stall & Mini Market


Untuk kebutuhan konsumsi harian, Tazkia menyediakan menu makan utama 3 kali dalam sehari (pagi, siang dan malam). Disamping menu utama harian, Santri juga dapat membeli menu tambahan dan snacks di beberapa food stall yang telah disediakan. Untuk keperluan harian lainnya seperti alat tulis, buku, keperluan mandi dan mencuci juga disediakan di minimarket kampus.

Parking Spaces


Bagi para guru, walisantri dan tamu yang berkunjung ke kampus putri disediakan dua parkir utama: parkir utama depan gedung Andalusia dan parkir dalam depan gedung Alexandria. Di kampus putra disediakan ruang parkir utama di depan gedung Al-Azhar. Area parkir dikomplek kampus mampu menampung puluhan kendaraan roda empat.


Share this post