Frequently Asked Question

About Tazkia IIBS

Tazkia IIBS memulai pendidikan dengan jenjang SMP pada tahun ajaran 2014-2015 di bawah naungan Tazkia Islamic Foundation yang telah berdiri pada 12 Desember 2012. Setelah meluluskan SMP angkatan pertama, SMA Tazkia IIBS mulai dibuka pada tahun ajaran 2017-2018.

Tazkia IIBS juga telah meluluskan SMA Angkatan 1 dan telah tersebar di beberapa universitas dalam dan luar negeri. 

Menjadi lembaga pendidikan berbasis pesantren yang unggul dan berstandar internasional (Being a leading and world-class Islamic boarding school)

Menyediakan lingkungan belajar yang religious, challenging dan rewarding yang berfokus pada pendidikan yang menyeluruh (holistic) dan berimbang (balanced) sehingga melahirkan cendekiawan muslim dan muslimah yang berkepribadian Islami (morally excellent), berjiwa pemimpin (being an inspiring leader) dan berwawasan global (internationally minded)

Tazkia IIBS hadir dengan harapan dapat menjadi aternatif pendidikan yang mampu memberikan bekal bagi anak-anak kita dan generasi Islam pada umumnya untuk dapat berdiri kokoh dan percaya diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan zaman dengan menyelenggarakan program pendidikan yang lebih menyeluruh (holistic), berimbang (balanced), sesuai dengan tuntutan perubahan zaman (relevant) dan dikelola dengan penuh amanah dan efektif (well-managed).

Nilai-Nilai yang Dibangun di Tazkia IIBS disingkat menjadi kata RECODING.

(1) RELIGIOUS (Kokoh dalam Aqidah, Istiqamah dalam Ibadah, Berakhaq Mulia dan Bangga terhadap Islam),

(2) CARE (Memberikan Pelayanan Terbaik, Penuh Empati dan Kasih Sayang),

(3) OPEN-MINDED (Berwawasan Luas, Menghargai Perbedaan dan Menebar Kemaslahatan)

(4) LEADING (Menjadi Role Model dan Inspirator Kebaikan)

Saat ini (tahun 2017), Tazkia IIBS memiliki dua kampus utama. Kampus 1 seluas sekitar 13.000 M2 diperuntukan khusus untuk santri putri dan kampus 2 seluas 15.000m2 diperuntukan untuk santri putra.

Kedua kampus ini dilengkapi dengan fasilitas bangunan baru yang modern dan didisain khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih maksimal dan berkesan (rewarding learning experiences).

Adapun fasilitas penunjang terdapat: Teaching Spaces, Student Residences, Smart Library, Mosque, Tazkia Medical Clinic (TMC), Sports, Pendopo and Gazebo, Observation Deck (OD), Reading Spaces, Quranic Garden, Food Stall & Mini Market dan Parking Spaces.

Tazkia IIBS sudah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga baik dalam dan luar negeri seperti berikut:

1. Madaris al-Nashr al-Ahliyah Jeddah,

2. Tokyo International University Jepang,

3. Madrasah Alive Singapore,

4. Madrasah Al-Irsyad Al-Islamy Singapore,

5. ADNI International Islamic School Malaysia, S. R. Agama Ustman bin Affan Malaysia,

6. Phatnawitya Demonstration School Thailand,

7. Santi Witya School Thailand, Pathanasard School (Darul Hijrah) Thailand,

8. Santisartwittaya Shool (Alawiyah Foundation) Thailand,

9. Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA)

10. AZET Language Center

11. Loekito Education Group

12. Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITC) 

13. Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)

14. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)

15. Jakarta International College (JIC)

Universitas-universitas Ternama di Kota Malang, Center of Cambridge International Examination (CIE) Jawa Timur dan Objek Wisata Edukasi Terbaik di Kota Batu dan Malang.

SMP Tazkia IIBS telah terakreditasi ISO 9001 : 2008 dengan Nomor Registrasi Sertifikat: 2017-1-0259. Selain itu, SMA dan SMP Tazkia IIBS sudah terakreditasi oleh BAN SM sejak tahun 2018. 

Tazkia Students

Total santri Tazkia IIBS pada Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 916 santri. 

Terdiri dari 469 santri putra dan 447 santri putri SMP dan SMA. 

Sebaran santri Tazkia IIBS Tahun Ajaran 2020/2021 dari 24 Provinsi di seluruh Indonesia. Sebarannya merata dari Sabang hingga Merauke.

Hadir juga untuk menuntut ilmu di Tazkia dari berbagai negara seperti, Belanda, Australia, Abu Dhabi, Thailand, Kanada, Amerika, Jepang, dan Malaysia. 

Prestasi yang telah diraih Tazkia International Islamic Boarding School tahun 2019-2020:

1.    Bronze Medal on Science Olympiad in Nusantara 2020

2.    Gold Medal on Asian Science and Mathematics Olympiad 2019

3.    Bronze Medal on Asian Science and Mathematics Olympiad 2019

4.    Gold Medal on National English Festival 2019

5.    Gold Medal on World Mathematics Invitational 2019

6.    Honorable Mention on Trust of Sustainable Living Essay Competition 2019

7.    Silver & Bronze Medal on The Zone of Religion, Fun Art, Science and Sport 2019

8.    Bronze Medal on Kompetisi Sains Nasional 2019

9.    1Silver Medal on South East Asia Mathematics Olympiad 2019

10.  Silver Medal on Indonesian Olympiad of Science 2020

11.  Gold Medal on Merdeka Science Competition 2020

12.  Silver Medal on Science Olympiad in Nusantara 2020

13.  1Harapan 1 dalam Lomba Menulis Cerita Pendek BPIP RI 2020

14.  Gold & Bronze Medal on National Olympiad 2020

15.  Gold Medal on Basic Science Olympiad 2020

 

Tazkia Teachers

Jumlah tenaga pengajar di Tazkia IIBS Tahun Ajaran 2020-2021 sebanyak 280 meliputi seluruh guru dan staff. 

Jumlah tenaga pengajar dengan pendidikan terakhir S1 sejumlah 58 Orang, S2 sejumlah 31 Orang dan S3 sejumlah 7 Orang.

Kampus lulusan tenaga pengajar Tazkia IIBS dari dalam maupun luar negeri sebagai berikut; Al-Azhar University Mesir, Al-Ahgaff University Yaman, Kuwait University Kuwait, King Saud University Saudi Arabia, Omdurman University Sudan, Quran & Islamic Sciences Uni Sudan, Tripoli University Libya, Ez-Zitouna University Tunisia, Imam Nafie Institute Maroko, Bristol University Inggris, Flinders University Australia, Martin Luther University Jerman, Kumamoto University Jepang, University of Bucharest Romania, Angeles Univ. Foundation Filipina, International Islamic Univ. Malaysia, Islamic Science Univesity Malaysia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia Jakarta, Sampoerna University Jakarta, Univ. Negeri Sebelas Maret Surabaya, Univ. Negeri Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Univ. Islam Malang, Univ. Islam Negeri Malang, Univ. Muhammadiyah Malang dan Univ. Negeri Malang.

Pesantren lulusan tenaga pengajar Tazkia IIBS dari Ponpes Darussalam Gontor, Ponpes Al-Ishlah Bondowoso, Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Ponpes Madrasatul Qur’an Jombang, Darul Lughah Wadda’wah Bangil, Ponpes Modern Al-Amin Sumenep, Ponpes Al-Irsyad Salatiga, Ponpes Al-Mukmin Solo, Ponpes Nurul Huda Malang, Ponpes Al-Munawwariyah Malang, Amanatul Ummah Mojokerto, La Tansa Lebak Banten, Sumatera Thawalib Padang Panjang, PP Wali Songo Ngabar Ponorogo, P3TQ al-Hidayah Kediri dan Pesantren Persis Bangil.

Curriculum


Al-Quran

Program ini berfokus pada kemampuan membaca, menghafal, menerjemahkan dan memahami al- Quran al-Kariem. Siswa akan dibagi dalam beberapa kelompok kecil dan didampingi oleh para hafidz atau hafidzoh. Selama masa studi siswa akan mampu membaca al-Quran dengan standar bacaan yang baik dan benar (Tahsin), menghafal minimal 5 (lima) juz al-Quran serta menerjemahkan dan memahami tafsir surat-surat pilihan.

 

Islamic Foundation

Sebagai core curriculum Tazkia, Islamic Foundation berfokus pada penguatan aqidah, akhlaq, pemahaman   ilmu fiqih dan amalan ibadah harian. Siswa akan diberikan pembinaan dalam bentuk forum di kelas, tausiyah umum, forum diskusi kelompok (halaqoh) dan praktik ibadah harian.

National Curriculum

Kurikulum ini merujuk pada standar isi yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan nasional dengan tujuan utama mengembangkan kemampuan logika-intelektual, afektif dan psikomotorik santri. Dalam proses belajar, materi ajar akan diintegrasikan dengan konsep dan nilai-nilai Islam sehingga siswa semakin menyadari keagungan Allah SWT

International (Cambridge)

Bekerjasama dengan Center of Cambidge International Examination (CIE) Jawa Timur, Tazkia mengadopsi kurikulum internasional dengan tujuan utama siswa memiliki standar kualifikasi internasional melalui ujian Check Point, Penguasaan bahasa Inggris yang baik dan kepercayaan diri yang tinggi sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik di dalam maupun luar negeri.

Languages

Program bahasa ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Arab dan Inggris siswa. Dengan kurikulum yang praktis dan miliu (lingkungan) berbahasa yang aktif dan kuat, siswa diharapkan akan mampu menggunakan bahasa Arab dan Inggris baik dalam interaksi harian maupun untuk keperluan pembelajaran dan pencarian informasi global. 

Enrichment and Extension

Untuk membentuk pribadi muslim-muslimah yang percaya diri dan berwawasan global, Tazkia menyediakan berbagai aktivitas kegiatan di luar kelas baik yang bersifat pengembangan potensi diri dan skills maupun rekreatif. 

Untuk program pengembangan diri, siswa-siswa dapat mengikuti berbagai program seperti Tazkia Students Association, The entrepreneur, Smart Cooking, Scout Leader, Red Crescent, The Scientist dan The Journalist.

Untuk mengolah nilai estetika siswa, Tazkia juga menyediakan program Islamic Calligraphy, House Keeping, Photography dan The Designer. Sedangkan untuk membangun wawasan global dan friendship, siswa dapat bergabung dalan berbagai learning excursions dan overseas visit baik di dalam maupun luar negeri.  

Untuk membangun kesadaran terhadap kesehatan diri, lingkungan dan sosial, Tazkia juga menyelenggarakan berbagai program social services dan sport dengan program pilihan utama Swimming, Horse Riding, Memanah (Archery), Health Care, Wall Climbing, Taekwondo, Futsal dan Fundraising for Free Qur’anic Education Program and Scholarship.

 

Student Enrolment

Pendaftaran Tazkia IIBS Malang baik untuk jenjang SMP maupun SMA menggunakan sistem inden atau disebut PROGRAM PASS PRIORITY yang bisa dimulai dari kelas 1 SD/Sederajat untuk pendaftaran jenjang SMP dan dari kelas 6 SD/Sederajat untuk pendaftaran jenjang SMA.

(1) Mengisi formulir pendaftaran secara online yang bisa dilakukan 24 jam dari berbagai daerah dengan mengisi data diri pada form pendaftaran di alamat berikut: http://tazkiaiibs.sch.id/home/enrol.

(2) Membayar biaya pendaftaran Muamalat No. Rek. 7110-717171 BNI Syariah No. Rek. 777-11-777-97.

(3) Lulus tes program Pass Priority: Tes Tulis (khusus SMA), Psikotest, Membaca Al-Qur’an, Interview Walisantri dan Calon Santri dan Kesehatan.

(4) Setelah dinyatakan diterima, membayar biaya registrasi sesuai dengan level kelas masing-masing calon santri.

Pendaftar melalui Program Pass Priority (inden) akan mendapatkan beberapa fasilitas sebagai berikut:

(1) Mendapat Potongan Biaya Dana Pengembangan Kelembagaan (DPK)/Uang Gedung dari biaya reguler.

(2) Khusus Untuk pendaftar jenjang SMP bebas tes akademik/tulis dan akan mendapat fasilitas pembinaan gratis selama masa inden.

Kuota pendaftaran di Tazkia IIBS Baik jenjang SMP maupun SMA sangat terbatas.

Untuk santri SMP Putra sejumlah 124 Santri. 

Untuk santri SMA Putra sejumlah 100 Santri, 

Untuk santri SMP & SMA Putri sejumlah 75 santri.


Sebaran santri Tazkia IIBS Tahun Ajaran 2020/2021 dari 24 Provinsi di seluruh Indonesia dan berbagai negara lain seperti Belanda, Australia, Abu Dhabi, Thailand, Amerika, Jepang, Kanada, dan Malaysia 

Total santri Tazkia IIBS pada Tahun Ajaran 2020/2021 sejumlah 916 santri. Dengan rincian 469 santri SMP dan 447 santri SMA.

Setiap Tahun Ajaran baru Tazkia IIBS membuka pendaftaran jalur beasiswa dengan kuota 10% dari jumlah santri yang diterima dengan kategori:

(1) Jalur Undangan Prestasi

(2) Jalur Yatim Dhuafa Berprestasi dan

(3) Jalur Dhuafa Berprestasi.

Untuk info lebih lanjut silahkan unduh panduan beasiswa di alamat berikut: http://tazkiaiibs.sch.id/home/show_page/Scholarship.

Other Informations