To Embed the Leadership Values in Organization, Tazkia IIBS Conducted General Election For the President of Tazkia Student Association (TSA)

Memberikan pembelajaran langsung kepada para santri tentang pentingnya memimpin organisasi, Tazkia IIBS adakan pemilihan presiden Tazkia Student’s Association (TSA) masa karya 2018/2019 pada Senin, 21/1/19. Hal tersebut tercermin dari proses pemilihan presiden serta ketua Tazkia Student Association (TSA) periode 2018-2019. Rangkaian proses pemilihan dilakukan persis sebagaimana layaknya pemilihan presiden negara. 

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, mulai dari pencalonan ketua atau presiden, kampanye, debat kandidat serta pemilihan yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil atau biasa disingkat Luber Jurdil. Bagian kesiswaan Tazkia IIBS Malang, menyatakan bahwa semua prosedur dirancang semirip mungkin dengan praktik pemilihan presiden pada umumnya. “Ini merupakan mini demokrasi yang kemudian dapat memberikan pembelajaran ke santri bagaimana proses pemilihan presiden itu berlangsung,” ungkap Elgi, sapaan akrabnya selaku guru pendamping TSA.

 

Pemilihan presiden dan ketua TSA tersebut diikuti oleh 15 santri putra maupun putri yang terdiri dari calon ketua TSA SMP dan SMA serta calon presiden TSA. Tiga calon ketua TSA SMP putra adalah Satria Dzahwan Baidhowi, Maudzar Adl Khawarijmi, dan Ahmad Yussel Edifallah Akbar. Sedangkan 4 santri putra SMA yang mencalonkan ketua TSA sekaligus presiden diantaranya Ezra Junsevo Budiawan, Yafi Nabil Pradibta, Ipangga Hulian dan Affan Najih Alghifari. 

 

Kampus Putripun juga memunculkan nama-nama kandidat Ketua dan Presiden TSA diantaranya Safa Nadhira, Syawala Nisa. P, dan Safa Dayanadia untuk TSA SMP. Sedangan untuk TSA SMA yaitu Estetia Adistsany Salwanisa, Yunita Fauzia R dan Astrid Effendi.  

Pada masa kampanye hingga debat kandidat seluruh pendukung setiap calon mendukung dengan membawa atributnya. “Seluruh santri sangat antusias dengan berjalannya agenda pemilihan presiden dan ketua TSA baru ini. Poster dan juga tulisan-tulisan berisi dukungan juga dibuat pada saat kampanye dan debat kandidat,” papar Elgi lagi. 

 

Dalam hal ini, pemilihan suara dilakukan oleh seluruh santri dan dewan asatidz Tazkia IIBS. Diakhir sesi, diumukan nama presiden umum TSA masa bakti 2018/2019. Santri putra diketuai oleh Ananda Ezra Junsevo Budiawan dan wakilnya Ananda Affan Najih Al-Ghifary. Sedangkan santri putri diketuai oleh Ananda Estetia Adistsany Salwanisa dan wakilnya Ananda Yunita Fauzia R.

 “Tugas menjadi ketua sebetulnya cukup sulit, seperti menyusun program-program selama satu tahun yang akan dilakukan TSA 2018/2019 ini. Ditahun sebelumnya, yang diketuai oleh Rizky Wisudawan sukses dengan program QLF internal pada masing-masing kampus, tahun ini kami mempunyai target untuk kategori pemenang digabungkan dengan santri putri, sehingga lebih banyak mengetahui potensi santri yang sebenarnya” Ungkap Ezra Junsevo ketua TSA 2018/2019.(arf/lil)


YouTube Tazkia Channel

Share this post