Introducing Aviation, Tazkia IIBS Invite AirNav Indonesia

Seluruh santri SMA Tazkia International Islamic Boarding School  (IIBS) mengikuti program seminar yang diadakan setiap bulannya. Program ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran santri langsung dari praktisi. Bukan tanpa alasan,  nantinya berharap santri Tazkia dapat meneruskan perjuangan dan profesi pada masing-masing bidang. Di kesempatan ini, Nurul Huda, S.Sos selaku Head of AirNav, Malang Branch berkesempatan memberikan motivasi dan pengalaman sebagai pemandu lalu lintas udara, Sabtu (17/11) kemarin.

“Bekerja dalam tekanan merupakan salah satu ciri khas bagi seorang Air Traffic Control (ATC),” ujar Nurul Huda mengawali seminar pagi itu. Belasan bahkan puluhan pesawat dikontrol dan dipantau melalui berbagai macam unit yang mana ATC menjadi pucuknya. Demikian perihalnya yang terjadi di berbagai bandara di Indonesia. Air Traffic Controller atau petugas ATC mengawasi dan membimbing setiap pesawat mulai dari persiapan terbang sampai pesawat berada di ketinggian 1000 kaki. Diatas ketinggian tersebut, pesawat dipantau oleh unit lainnya.

 

  

Setidaknya petugas ATC memiliki beberapa kemampuan untuk mengatur lalu lintas di udara. “Kemampuan bahasa inggris menjadi salah satu kemampuan utama yang wajib dimiliki seorang ATC. Karena petugas ATC akan berkomunikasi dengan berbagai pilot dari berbagai negara nantinya,” ungkapnya.

Selain kemampuan berbahasa inggris, seorang ATC juga diwajibkan menguasai hukum udara seperti petunjuk dan peraturan penerbangan. Lebih jauh, seorang ATC juga dituntut untuk memiliki kemampuan memahami performan pesawat yang layak terbang dan tidak. Nantinya sebelum terbang, pilot akan meminta persetujuan dari ATC. Setelah mandat atau persetujuan keluar, pesawat yang bersangkutan baru diperbolehkan menuju ke landasan pacu untuk bersiap untuk terbang.

“Sebelum melakukan take off, pilot harus melakukan pelaporan penerbangan ke ATC tower. Kemudian paling tidak 30 menit sebelum mesin pesawat dihidupkan, pilot wajib melaporkan ke ATC untuk kemudian diberikan mandat penerbangan. Mandat atau persetujuan penerbangan inilah yang akan disalurkan ke unit lainnya untuk diproses saat penerbangan berlangsung,” ungkap Nurrul Huda dihadapan seluruh santri SMA Tazkia.

Petugas ATC merupakan ‘teman dekat’ pilot. Jika terjadi sesuatu pada pesawat, maka pilot berkomunikasi dengan petugas ATC. Tekanan kerja yang sangat padat menjadikan seorang petugas ATC dilarang stres dan harus menjaga kesehatan. Konsentrasi yang tinggi menuntut agar ratusan penumpang selamat sampai di tujuannya. “Bahkan ada pemeriksaan kesehatan rutin. Tidak hanya kesehatan fisik, ada juga pemeriksaan kesehatan mental agar petugas ATC tidak stres,” tambahnya.

Persiapan penerbangan seperti landasan pacu yang harus bersih dari apapun, kekuatan angin serta cuaca pada saat itu harus dicek terlebih dahulu oleh petugas ATC untuk selanjutnya dilaporkan ke pilot.

Di Bandara Abdurrahman Saleh Malang setidaknya ada 10 tujuan penerbangan yang berjalan. Dari 10 tujuan tersebut setidaknya ada 14 kali penerbangan dalam satu hari yang dilayani oleh ATC. (arf/lil)


YouTube Video

Share this post