First Gen Alumni Gathering: Growing Networks and Family

Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) Malang juga terus memantau kondisi para alumninya. Salah satunya dengan mengadakan reuni angkatan pertama yang diadakan, Jumat (22/12) untuk putri dan Ahad (24/12) untuk putra. Reuni angkatan pertama ini merupakan salah satu cara untuk mewadahi alumni serta memberikan ruang silaturahmi pada alumni.

Ustadzah Risa Nur Fitriawati, S. Psi selaku kepala Student Service Center (SSC) menyatakan, pertemuan alumni juga menjadi momentum untuk mengevaluasi secara objektif tentang kondisi lembaga. Dengan adanya temu alumni ini juga sebagai bahan informasi untuk pengembangan institusi kedepannya. Tidak hanya itu, Tazkia IIBS juga bertanggungjawab atas keberlangsungan alumninya. “Tetap ada pendampingan dari Tazkia kepada alumni melalui wadah-wadah yang sudah disediakan,” jelas Ustadzah Risa saat ditemui, Ahad (24/12) di Tazkia International Conference Hall.

 

 

Beberapa program pendampingan alumni yang dilakukan oleh Tazkia adalah Tazkia A-Line, Tazkia Alumni Event, Tazkia Alumni Award, Notable Alumni, dan Tracer Study. Semuanya merupakan wadah yang disediakan untuk memberdayakan alumni Tazkia.

Tazkia A-Line merupakan program berbagi informasi dua arah antara Tazkia IIBS dan alumni. Program ini dilaksanakan baik dengan tatap muka secara langsung ataupun melalui media komunikasi lainnya. Dengan memanfaatkan sosial media, alumni juga difasilitasi dengan grup di sosial media. Sebut saja seperti di instagram, Line atau WhatsApp. “Kita memanfaatkan dan memaksimalkan semuanya,” ujarnya.

Lebih jauh lagi, alumni akan mengadakan Tazkia alumni event yang mana mengadakan pengabdian masyarakat. Sebagai wujud sumbangsih Tazkia IIBS dan alumni. Kegiatan ini nantinya akan berupa santunan bencana alam, community service, santunan anak yatim dan semacamnya.  Alumni Tazkia juga akan diadakan notable alumni yang mana alumni yang inspiratif akan diprofilkan dan dipublikasikan di beberapa platform baik offline maupun online.

 


Guna memantau secara berkala keberadaan alumni, Tazkia IIBS Malang juga mengadakan tracer study yang mana digunakan untuk memperoleh informasi sebagai alumni Tazkia IIBS terkait perkembangan alumni di institusi pendidikan lanjutannya serta capaiannya. “Survey dilakukan secara berkala dan akan dievaluasi secara berkala,” jelasnya lagi.

Acara reuni alumni juga menjadi salah satu moment untuk mensosialisasikan program pendampingan alumni, sharing session, islamic motivation dan juga field trip. “Dengan ini kami tidak hanya mengutamakan peserta didik yang sedang berlajar di Tazkia, namun tersedia ruang tersendiri untuk merangkul kembali alumni,” pungkasnya. (lil)

Share this post